Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2



(Tugas I)


Terdapat 2 soal yang harus diselesaikan. 

Nama kelompok          :    Crishadi Juliantoro  (21210630)
                                       Yoga Wicaksana    (28210647)
                                       Yusuf Fadillah       (28210800)

Kelas                          :     3EB09



1. Beri komentar tentang artikel berikut ini:

Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi. Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya, maka produk tersebut sulit akan laku. 


Jelaskan selengkap mungkin apa, kesalahan yang kalian temukan pada artikel di atas!
     
    Jika artikel tersebut menyebutkan bahwa pemasaran merupakan kegiatan utama dalam perekonomian, namun faktor yang lebih menetukan adalah tingkat kebutuhan manusia terhadap produk, pemasaran hanya bertujuan untuk mengenalkan kualitas antara suatu produk dengan produk lainnya, yang bersifat memenuhi keinginan manusia akan suatu kualitas yang lebih baik.
Konsumsi dapat dilakukan hanya dengan memproduksi produk, tapi masyarakat lebih ingin memenuhi kebutuhan dengan kualitas yang lebih baik, jadi pemasaran berfungsi untuk mengenalkan kualitas kepada masyarakat sehingga dapat memilih produk sesuai keinginan.
Jika diperhatikan, faktor produksi memang sangat ditentukan dengan kegiatan pemasaran, mulai dari penetapan harga, mempromosikan produk dan mengenalkan kelebihan yang ada pada produk.
Hubungan antara produksi, pemasaran dan konsumsi memang tidak dapat dipisahkan karena pemasaran sebagai alat penghubung antara produksi dan konsumsi yang akan menentukan keputusan seorang pembeli dalam memenuhi kebutuhan.


2. Berdasarkan artikel dibawah ini, susunlah :

(1) Rumusan masalah, 
(2) Tujuan penelitian


Pemukiman kumuh sering diidentikkan dengan kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1) menunjukkan bahwa pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan problema kemiskinan penduduk. Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan, semakin meningkat jumlah pemukiman (kampong) kumuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penduduk pemukiman kumuh merupakan masyarakat miskin. Keterbatasan ekonomi dan keadaan sosial yang kurang mendukung mengakibatkan lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta dengan terpaksa dan atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh. Di antara mereka bahkan mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak lain. Timbul masalah kesehatan yang mendasar, seperti: masalah air minum, tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga dan pencernaan yang disebabkan oleh timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika bagi masyarakat maupun aparat pemerintah. 



              Rumusan Masalah
\  Apakah pemukiman kumuh selalu identik dengan kemiskinan?
Apa yang melatarbelakangi muncul dan berkembangnya pemukiman kumuh?
Permasalahan apa saja yang timbul karena keberadaan pemukiman kumuh?

Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang telah disusun maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
  · Dapat mengetahui pemahaman lebih dalam tentang pemukiman kumuh yang identik dengan kemiskinan.
 · Mengetahui solusi yang akan diambil dalam mengurangi atau menjadikan pemukiman kumuh agar lebih teratur dan rapih.
 · Mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan pemukiman kumuh terhadap lingkungan sekitar.
 ·  Mengetahui apakah keterbatasan ekonomi dan keadaan sosial yang kurang mendukung mempunyai hubungan yang erat dengan kemiskinan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini