Sekilas Tokoh ( David Ricardo )

David Ricardo lahir di London, tanggal 18 april 1772, merupakan anak ketiga dar 17 bersaudara. Ia seorang ahli ekonomi politik yang dikenal dengan sistematika ekonominya. Bersama Adam Smith dan Thomas Malthus, ia merupakan tokoh ekonomi klasik yang palin berpengaruh. Selain sebagai ahli ekonomi, ia juga seorang pelaku bisnis, keuangan, dan spekulan.
Pada usia 14 tahun, setelah menempuh sekolah singkat di Belanda, Ricardo bergabung dengan ayahnya di London Stock Exchange, tempat dimana ia memulai belajar tentang keuangan. Inilah awal kesuksesannya di pasar modal dan real estat kelak.
Ricardo semakin tertarik dalam ilmu ekonomi setelah membaca buku Adam Smith, the Wealth of Nations pada tahun 1799 ketika berlibur ke Bath. Inilah pertama kalinya ia mengenal ekonomi. Ia kemudian menulis artikel ekonomi pertamanya pada usia 37 tahun dan dalam waktu 10 tahun ia sudah mencapai puncak ketenaran.
Karya Ricardo yang paling terkenaladalah buku Principles of Political Economy and Taxation. Buku ini memperkenalkan teori keunggulan komparative (comparative advantage). Menurut teori ini, jika suatu negara dapat memproduksi sesuatu secara efisien daripada negara lain, maka negara itu akan memperoleh keuntungan dari segi apa yang terbaik dalam produksi dan perdagangan. Ricardo yakin bahwa upah harus dibiarkan menuju persaingan bebas, dan Ricardo sendiri yakin, bahwa dalam jangka panjang, harga mencerminkan biaya produksi.
David Ricardo meninggal dunia pada tanggal 11 september 1823 di Gatcombe Park, Gloucestershire, Inggris.

Sumber : Hasil olahan dari wikipedia dan buku Ekonomi, esis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini