Studentsite

Universitas Gunadarma, merupakan universitas swasta yang patut diperhitungkan. Mengapa begitu?tentu itu sempat menjadi sebuah pertanyaan bagi Anda. Universitas Gunadarma saat ini menduduki peringkat ke-5 universitas terbaik di Indonesia. Salah satu faktor pendudung hal tersebut, salah satunya ditopang oleh fasilitas-fasilitas pendukung proses pendidikan yang dimiliki oleh masing-masing fakultas dan Universitas Gunadarma.
Sebagai salah satu contoh fasilitas yang dimiliki Universitas Gunadarma, yaitu menyediakan fasilitas seperti fasilitas Studentsite bagi setiap mahasiswa dan mahasiswi Universitas Gunadarma. Fasilitas ini memiliki banyak fungsi penggunaan bagi mahasiswa dan mahasiswi Gunadarma, antara lain mahasiswa/i dapat melihat nilai, melihat tugas yang diberikan dari dosen yang bersangkutan maupun tugas yang diberikan dari pihak kampus/universitas, dan lain-lain. Untuk masuk kedalam Studentsitenya sendiri, kita bisa megetikkan link http://studentsite.gunadarma.ac.id, dan kemudian mahasiswa/mahasiswi dapat mengaksesnya dengan menggunakan username dan password dari mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan. Selain itu setiap mahasiswa dan mahasiswi Gunadarma harus dan wajib membuat dan memiliki account studentsite.



NB : http://i646.photobucket.com/albums/uu188/Budiandukk/studentsite.jpg


Untuk mengenal dan memahami studentsite, kali ini saya akan menjelaskan mengenai homepage StudentSite Universitas Gunadarma :

A. Home : Berisi kolom aktivasi account, Login, dan berita StudentSite yang memuat berita-berita dan informasi yang di tampilkan di studentsite.

B. Aktivasi : Adalah kolom aktivasi account bagi mahasiswa/mahasiswi yang belum mempunyai account di studentsite. Mahasiswa/mahasiswi dapat membuat account studentsite dengan cara pilih dan klik account, dan kemudian mahasiswa yang bersangkutan memasukan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), Tempat dan Tanggal Lahir, kemudian pilih dan klik Submit. Kemudian data anda sebagai mahasiswa Univeritas Gunadarma akan ditampilkan.

C. Kontak : Merupakan tempat dimana mahasiswa dapat memberi saran atau bertanya dan bahkan mahasiswa/mahasiswi dapat memberikan keluhan yang berkaitan dengan studentsite.

D. FAQ : Layanan yang berisi tentang keluhan apa saja yang sudah ditanyakan.

E. Help : Adalah layanan yang berfunsi untuk membantu mahasiswa/mahasiswi bila mengalami kesulitan dalam mengakses studentsite.


Menu layanan yang terdapat didalam homepage studentsite antara lain:

1. Home : Berisi tentang berita dari BAAK Gunadarma dan Kalender Akademik.

2. WWW News : Berisi tentang berita dari web Universitas Gunadarma.

3. BAAK News : Berisi tentang berita dari situs BAAK Gunadarma.

4. Leacture Message : Berisi tentang pengumuman dan atau tugas yang di berikan baik dari dosen maupun dari pihak Universitas kepada mahasiswa/mahasiswi yang bersangkutan pada account tersebut.

5. Rangkuman Nilai : Berisi tentang rangkuman nilai Ujian Lokal, Ujian Utama, Workshop/Kursus, PI/Skripsi/Aptitude/Perpus/Sidang, Info Ujian Mandiri.

6. Jadwal Kuliah : Berfungsi untuk menampilan jadwal kuliah bagi user yang bersangkutan.

7. Jadwal Ujian : Berisi tentang informasi untuk mengetahui hari/waktu dilaksanakannya ujian bagi user studentsite itu sendiri.

8. Bebas Perpustakaan : Menu dimana mahasiswa bebas dari tanggungan buku yang di pinjam dari perpustakaan kampus.

9. Surat Keterangan : Merupakan layanan untuk memberitahukan informasi keterangan jika user yang bersangkutan berhalangan masuk kuliah,pindah universitas,cuti kuliah, sakit dsb. Selain itu juga menu ini bisa diakses online.

10. Info Absensi : Memberitahukan informasi mengenai absensi mahasiswa/mahasiswi dalam mengikuti proses perkuliahan.

11. Pendaftaran Lomba Blog : Berisi tentang forum untuk mendaftarkan diri pada lomba blog mingguan yang di adakan Universitas Gunadarma.

12. Info Seminar (UG Portofolio) : Memberitahu kapan dan dimana seminar diadakan. Selain itu juga layanan ini juga berguna untuk menambah point nilai bagi user yang bersangkutan.

13. Tulisan (UG Portofolio) : Berisi tentang hasil karya mahasiswa yang dimuat didalam blog pribadi masing-masing dan kemudian di submit di Tulisan (UG Portofolio) agar tampil di Warta Warga sebagai nilai tambah mata kuliah softskill.

14. Tugas (UG Portofolio) : Berisi tentang hasil tulisan/postingan tugas yang di berikan dosen softskill/pihak universitas untuk mahasiswa yang di tulis di blog pribadi masing-masing mahasiswa/i.

15. Deposit Library : Berisi tentang perpustakaan Gunadarma yang siap melayani mahasiswa dan masyarakat demi mencerdaskan bangsa dengan membaca.

16. Warta Warga : Berisi tulisan-tulisan yang telah di posting oleh mahasiwa-mahasiwa gunadarma, yang dimana postingan tersebut bisa berguna baik kepada mahasiwa/i lain dan bagi masyarakat indonesia dan bahkan dunia dalam memberikan informasi.

17. Blog Komunitas, yang terdiri dari Komunitas Perbankan, Komunitas Linux,Komunitas Fotografi, Komunitas Robotika, Komunitas Arsitektur, Komunitas Ekonomi Syariah dan Komunitas Pasar Modal yang dimana mahasiswa dapat aktif berpartisipasi dalam memberi informasi atau tulisan-tulisan melalui blog komunitas tersebut.

** Kelebihan layanan StudentSite adalah:
* Memudahkan mahasiswa/mahasiswi untuk memperoleh informasi yang bersifat penting dan bahkan bersifat mendadak dari kampus atau dosen yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa perlu datang ke kampus. Selain itu juga dari fasilitas Studentsite, kita dapat mengakses beberapa halaman yang terhubung dengan website utama universitas gunadarma.

* Kita dapat memberitahukan hasil link postingan kita, baik itu bersifat tugas maupun tulisan dosen yang bersangkutan.

* Memberikan informasi yang berguna bagi setiap mahasiswa/mahasiswi.

** Kekurangan layanan StudentSite adalah:
* Terkadang mahasiswa kesulitan untuk mengakses studentsite karena terlalu banyaknya mahasiswa yang mengakses dalam kurun waktu yang bersamaan.

* Terkadang studentsite tidak dapat diakses oleh mahasiswa/mahasiswi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: